Home / Artikel / #DIFABLEBEKERJA / 1.000 Disabilitas Jabodetabek, Jalani Asesmen untuk Ketahui Kemampuan Diri

1.000 Disabilitas Jabodetabek, Jalani Asesmen untuk Ketahui Kemampuan Diri

by Rabu, 10 Jan 2018 03:11 371 - #DIFABLEBEKERJA

bg-reg

Tidak semua orang memiliki kesempatan kerja yang bagus, baik non – disabilitas ataupun disabilitas sekalipun. Banyak sekali hambatan yang muncul ketika mencari pekerjaan yang cocok. Seperti tidak sesuainya pendidikan terakhir seseorang dengan kualifikasi yang diminta, permintaan kemampuan berbahasa yang baik yang tidak semua orang memilikinya atau bahkan minimnya orang yang memiliki kemampuan (skill) yang diminta perusahaan. Berbagai kisah sendu tentang kesulitan mencari kerja sudah bergulir di masyarakat sejak lama, namun apa solusinya?

Sebenarnya banyak sekali cara untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan yang diinginkan. Asalkan, seseorang bisa memahami diri sendiri dari segi kekuatan dan kelemahannya. Cara untuk mengetahuinya ada berbagai macam cara, mengenali diri sendiri melalui sadar diri, atau melalui bantuan orang lain. Hal inilah yang kami lakukan untuk membantu teman – teman disabilitas untuk lebih mengenal diri sendiri.

Pada tanggal 8 – 10 Januari 2018 lalu, ThisAble Enterprise bekerjasama dengan Daya Lima Indonesia dan BPJS Ketenagakerjaan mengadakan asesmen untuk teman – teman disabilitas di Jabodetabek, bertajuk “Return to Work”. Sesuai dengan temanya, acara ini ditujukan untuk teman – teman disabilitas yang sudah pernah bekerja, untuk mengetes kemampuan dirinya, dan pekerjaan apa yang lebih cocok untuknya. Tapi, tidak menutup kemungkinan untuk teman  teman disabilitas yang sedang mencari pekerjaan, untuk memahami kemampuan diri.

Dalam perjalanan program ini sebanyak lebih dari 1.000 orang disabilitas Jabodetabek mengikuti kegiatan asesmen massal. Jenis disabilitas yang mengikuti program ini cukup beragam, ada teman – teman Rungu/Tuli, Netra dan daksa. Prosesnya cukup singkat, peserta dipersilahkan mendaftarkan diri dengan cara mengirimkan email kepada tim ThisAble, kemudian dipanggil untuk mengikuti wawancara yang dilaksanakan di Gedung BPJS Ketenagakerjaan dan terakhir menunggu kabar dari hasil asesmen. Pada program ini ada 22 orang assesor yang menyiapkan diri untuk membantu pelaksanaan program.

Ada hal unik dalam kegiatan ini.

Berdasarkan hasil data CV yang masuk, peserta asesmen didominasi oleh teman – teman Rungu/Tuli. Padahal, tidak semua assesor bisa menggunakan bahasa isyarat dalam berkomunikasi dengan teman Rungu/Tuli. Para assesor berusaha berkomunikasi menggunakan seluruh peralatan yang ada, mulai dari menggunakan alat tulis, atau menggunakan handphone untuk menuliskan pesan yang dimaksud.

Hasilnya? Banyak assesor yang bisa berkomunikasi dengan teman Rungu/Tuli. Sedangkan hasil asesmennya, 80% peserta masuk ke ranah vokasional dan 20% lainnya sudah termasuk profesional. Sangat patut diancungi jempol untuk semangat disabilitas dalam mencari kerja. Semangat mereka, menular kepada kami untuk tetap berjuang bersama.

Harapan Thisable, acara ini dapat menjadi acuan untuk teman teman disabilitas bisa berkembang menjadi lebih baik lagi ke depan. Disabilitas Indonesia bisa mandiri, Indonesia semakin ramah disabilitas.





0 Comment




Welcome to the community

Setiap disabilitas ingin bekerja, tapi sulitnya mendapatkan kesempatan itu. Di portal ini beragam kegiatan Thisable Enterprise di tahun 2017, yakni memberdayakan disabilitas Tunarungu/Tuli, Tunanetra, Tunadaksa/raga untuk mandiri secara ekonomi. Daftarkan diri kamu, dan mulai bekerja. Goodluck ya!
  149
  23/04/2017

Top Member

angkie yudistia

2

NEWSLETTER